CIAMIS, CHANEL7.ID – Kali ini, Disdukcapil Kabupaten Ciamis berhasil meraih juara II dalam Penilaian Administrasi Kependudukan (Adminduk) Profesional Responsibility Inovatif dan Akuntabel (Prima) atas kinerja dalam pelayanan publik di Tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) Tahun 2024 dengan kriteria kepadatan penduduk rendah atau kecil.
Penyerahan dilakukan langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat Herman Suryatman kepada Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisdukcapil) Kabupaten Ciamis, Yayan M Supyan di Hotel Aryaduta, Bandung, Selasa (27/08/2024) lalu.
Prestasi gemilang ini merupakan hasil dari penilaian menyeluruh yang dilakukan oleh Disdukcapil Provinsi Jawa Barat serta tim Ombudsman Republik Indonesia.
Adapun aspek kinerja yang dinilai secara langsung di lapangan serta melalui akumulasi meliputi pelayanan administrasi kependudukan dan berbagai inovasi yang dilakukan, kemudian di evaluasi secara ketat selama 2 bulan kebelakang.
- Advertisement -
Kepala Disdukcapil Kabupaten Ciamis, Yayan Muhamad Supyan, menyampaikan rasa syukurnya atas pencapaian yang baru pertama kali diraih di Ciamis.
“Ini berkat dukungan dari Bupati Ciamis dan seluruh Jajaran Pegawai Disdukcapil, kami bersyukur dan bangga bahwa Disdukcapil Ciamis dapat meraih prestasi dalam penilaian Adminduk Prima tahun 2024 ini,” ujarnya, Jumat (30/08/2024).
Yayan mengungkapkan jika fasilitas yang tersedia di disdukcapil Ciamis masih banyak kekurangan jika dibandingkan dengan kabupaten lainnya, maka dengan pencapaian yang didapat sudah merasa bersyukur
“Kita menyadari tidak mungkin meraih peringkat kesatu rasanya belum pas karena prasarana yang masih belum memadai jadi bukan dari sisi kinerjanya dalam arti upaya sudah optimal hanya dari sisi sarana prasarana masih kurang,” ungkapnya.
Yayan berharap kedepannya akan memberikan pelayanan yang lebih baik dan meraih prestasi yang lebih dari yang diterima sekarang.
- Advertisement -
“Insya Allah untuk tahun depan saya berupaya untuk terus berkomitmen dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dan mendapat bonus juara I dalam penilaian selanjutnya,”ucapnya.
Yayan menegaskan akan melakukan berbagai upaya agar masyarakat dapat terpenuhi hak sipilnya, dan menata ruang pelayanan agar lebih humanis.
“Kami terus berinovasi untuk memudahkan masyarakat dengan menambah akses pelayanan online atau jemput bola agar masyarakat dapat terpenuhi kebutuhan dokumen kependudukannya,”pungkasnya.
- Advertisement -
Perlu diketahui Adminduk PRIMA sendiri mempunyai arti yang mendalam yaitu :
P berarti Profesional. Prinsip profesionalisme adalah fondasi utama dari Dukcapil Prima.
Ini berarti bahwa semua petugas Dukcapil harus memiliki tingkat keahlian yang tinggi dalam tugas mereka. Mereka harus terlatih dengan baik, memahami hukum dan regulasi kependudukan, serta menjalankan tugas mereka dengan integritas dan dedikasi.
R berarti Responsivitas adalah kunci untuk merespons kebutuhan masyarakat secara efektif. Hal ini melibatkan pemberian informasi yang akurat dan jelas, serta memberikan bantuan yang diperlukan secara efektif.
I adalah Inovatif: Kemajuan teknologi adalah elemen utama dalam inovasi Dukcapil Prima.
Ini mencakup pengembangan sistem otomatisasi untuk mengurangi waktu dan biaya administrasi, serta meningkatkan akurasi data.
M adalah Melayani, nilai inti dari Dukcapil Prima adalah pelayanan dari hati. Dalam arti sesungguhnya, benar-benar berjiwa ingin membantu. Lebih ramah, peduli, dan bersahabat kepada masyarakat. Dukcapil harus mengutamakan pelayanan yang memudahkan warga dalam proses pendaftaran, pencatatan kejadian penting, pengurusan dokumen kependudukan, dan mendapatkan informasi yang diperlukan.
Terakhir, A ialah Akuntabel. Akuntabilitas adalah prinsip yang sangat penting dalam Dukcapil Prima. Hal ini berarti bahwa Dukcapil harus selalu dapat dipertanggungjawabkan atas tindakan dan keputusan mereka.
®Sunarti (Nay)